Isu-Isu Kontemporer Canada

        Terdapat beberapa isu kontemporer yang sedang terjadi di Canada, diantaranya terdapat isu lingkungan, sosial, kesehatan, dan masih banyak isu-isu lain yang cukup kompleks terjadi di Canada. Mulai dari isu lingkungan yaitu kasus penambangan minyak pasir di Alberta, Canada yang menuai banyak kritik dari berbagai kalangan, masalah kesehatan mental, kekerasan, kemiskinan, hingga diskriminasi.  

1) Penambangan minyak pasir di Alberta, Canada 


       Salah satu kasus lingkungan yang terjadi di Canada yaitu terjadinya kasus penambangan pasir minyak di Alberta, Canada. Minyak pasir Alberta merupakan cadangan minyak mentah terbesar ketiga di dunia setelah Arab Saudi dan Venezuela yang sudah berlangsung sejak 1976 hingga sekarang. Seiring berjalannya waktu penambangan pasir minyak tersebut mulau memakan korban serta menimbuklan kerugian terutama mengenai faktor lingkungan di sekitarnya. Penambangan minyak pasir tersebut selain memberikan pengaruh di ranah ekologi juga mulai memebrikan pengaruh di dalam perekonomian Canada itu sendiri. Proyek minyak pasir tersebut pada awalnya hanya dikelola oleh perusahaan Syncrude dan Suncor, namun seiring berjalannya waktu dan zaman globalisasi yang mulai merasuk sehingga membuat proyek minyak pasir tersebut mulai dikenal dan banyak dilirik sehingga menyebabkan adanya eksploitasi pada pertambangan tersebut. 

       Pemerintah Canada saat ini dibawah Justin Trudeu telah memberlakukan kebijakan-kebijakan untuk mengamankan proyek penambangan minya pasir di Alberta seperti keterlibtaan Paris Agreement, melanjutkan kebijakan terdahulu terkait lingkungan (Oil and Gas Conservation Act, the Water Act, Fisheries Act), Nort America Climate Clean Energy, and Environmental Partnership Action Plan, melanjutkan monitoring program dan pengambangan teknologi CCS. Kebijakan-kebijakan untuk menciptaka  keamanan dari kasus penambangan minyak pasir tersebut masuk berlanjut hingga saat ini sehingga dapat dikatakan belum diterapkan secara maksimal. 

2) Kesehatan Mental 

      Gangguan kesehatan mental di kalangan pemuda saat ini menjadi masalah darirat di Canada. Dilansir dari mediaindonesia.com dikemukaan bahwa terdapat banyak serangan tak beralasan yang terjadi terhadap orang asing, overdosis, dan penyakit masnyarakat lainnya yang terkait dnegan kecanduan obat terlarang dan masalah kesehatan mental yang terjadi di Toronto, kota terbesar Canada. Banyak anak mida yang terlihat berkeliaran, berteriak-teriak, dan mengeluarkan kata sumpah serapah yang tidak jelas terjadi di Canada. Hal tersebut dapat terjadi diperkirakan karena pemerintah Canada mengalami kekurangan dana selama beberpaa dekade terakhir untuk memenuhi layanna kesehatan mental sehingga banyak anak muda yang berjuang sendirian, terlebih setelah diterpa pandemi Covid-19 yang mencemaskan. 

3) Gerakan Slutwalks 

        Hingga saat ini, pemerintah Canada masih terus berusaha untuk memperhatikan isu-isu mengenai HAM dan isu-isu kesetaraan gender, yang mana kedua isu tersebut berkaitan dengan perempuan dan fenimism. Populasi perempuan di Canada jauh lebih sedikit dibandingkan dengan populasi pria. Hal terjsebut terjadi dikarenakan perempuan-perempuan Canada lebih sering berpergian ke neggara lain, untuk alasan bekerja atau yang lainnya. Canada merupakan negara dengan tingkat kasus kekerasan yang tinggi terhadap perempuan. Kekerasan paling umum yang terjadi di Canada dapat berupa serangan, ancaman, serangan serius, kekerasan seksual, dan lain sebagainya. Setiap tahunnta terdapat lebih dari 40.000 tersangka kekerasan seksual yang tertangkap di Canada. Slutwalk merupakan gerakan protes yang menjadi suatu akasi transnasional yang telah menyebar ke seluruh dinua dan telah menjadi bagian dari bentuk global civil society. Aksi protes ini berupaya menyerukan untuk menolak dan melawan fenomena kekerasan, pelecehan seksual, dan hal-hal sejeninya yang mengarah kepada tindakan pelecehan. Gerakan Slutwalk ini muncul karena pemerintah Canada masih sangat lamban dan dinilai tidak berhasil dalam mengatasi masalah kekerasan terutama terhadap anak dan perempuan. Gerakan ini juga tergabung ke dalam berbagai lembaga-lemabga swadaya masyarakat (LSM), asosiasi, serta organisasi-organisasi perempuan yang bersatu untuk mendemonstrasikan aspirasi mereka.


Referensi:

Adiyanto. Media Indonesia: Gangguan Kesehatan Mental di Kalangan Pemuda jadi Masalah Darurat di Kanada. Diakses pada tanggal 6 Juni 2023 dari https://mediaindonesia.com/weekend/585556/gangguan-kesehatan-mental-di-kalanganpemuda-jadi-masalah-darurat-di-kanada 

Akbar, Zulfikar Kharisma, and Tri Cahyo Utomo. "Sekuritisasi Pemerintah Kanada era Justin Trudeau dalam Mengatasi Masalah Keamanan Negara akibat Pencemaran Lingkungan di Situs Penambangan Minyak Pasir di Alberta, Kanada 2015-2017." Journal of International Relations 5.1 (2019): 227-234. 

Geost Flysh. (2020). Geologinesia: Profil Negara Kanada. Diakses pada 5 Juni 2023 dari https://www.geologinesia.com/2020/01/profil-negara-kanada.html. 

Luar Negeri. HubungaN Bilateral RI -Kanada. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.kemlu.go.id/ottawa/id/pages/hubungan_bilateral/2328/etc-menu Government of Canada. 

Sustainable Development Goal 11: Sustaiable Cities and Comunities. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.canada.ca/en/employment-socialdevelopment/programs/agenda-2030/cities-communities.html

Kesuma, Habibah Aura, and Febi Triyanti. "Kanada dan Isu Feminisme: Awal Munculnya Gerakan Slutwalk dan Perkembangannya." Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 2.3 (2022): 255-263.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak dan Luas Administratif Canada

Isu Pembangunan Canada

Komposisi dan Dinamika Kependudukan Canada