Letak dan Luas Administratif Canada

     

        Canada merupakan sebuah negara yang terletak di paling utara kawasan Amerika Utara. Secara Astronomis Kanada berada di 50°LU - 80°LU dan dan 20°BB - 140°BB. Selain letak astronomis, Kanada juga memiliki letak geografis, yakni terletak diantara Amerika Serikat dan Samudera Arktik. Selain itu, terletak juga diantara Alaska dan Samudera Pasifik. Kanada menempati setengah dari kawasan Amerika Utara dan di sebelah Utara, Kanada berbatasan langsung dengan Samudera Arktik, sedangkan pada bagian timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Pulau Greenland. Selanjutnya, pada wilayah selatan, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat, lalu untuk wilayah barat, berbatasan langsung dengan Alaska dan Samudera Pasifik.Negara Kanada terbentang dari Samudra Atlantik, Selat Davis bagian timur sampai Samudra Pasifik bagian barat. Luas Kanada mencapai 9.970.610 km² dan merupakan negara terbesar kedua setelah rusia, yang meliputi sekitar 41 % wilayah benua Amerika Utara.  Canada teridiri atas 10 provinsi dan 3 teritori. Provinsi-provinsi ini bertanggung jawab untuk kebanyakan program sosial Canada seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan, serta bersama mengumpulkan banyak pendapatan dari pemerintah federal. 


Referensi:

Adiyanto. Media Indonesia: Gangguan Kesehatan Mental di Kalangan Pemuda jadi Masalah Darurat di Kanada. Diakses pada tanggal 6 Juni 2023 dari https://mediaindonesia.com/weekend/585556/gangguan-kesehatan-mental-di-kalanganpemuda-jadi-masalah-darurat-di-kanada 

Akbar, Zulfikar Kharisma, and Tri Cahyo Utomo. "Sekuritisasi Pemerintah Kanada era Justin Trudeau dalam Mengatasi Masalah Keamanan Negara akibat Pencemaran Lingkungan di Situs Penambangan Minyak Pasir di Alberta, Kanada 2015-2017." Journal of International Relations 5.1 (2019): 227-234. 

Geost Flysh. (2020). Geologinesia: Profil Negara Kanada. Diakses pada 5 Juni 2023 dari https://www.geologinesia.com/2020/01/profil-negara-kanada.html. 

Luar Negeri. HubungaN Bilateral RI -Kanada. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.kemlu.go.id/ottawa/id/pages/hubungan_bilateral/2328/etc-menu Government of Canada. 

Sustainable Development Goal 11: Sustaiable Cities and Comunities. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.canada.ca/en/employment-socialdevelopment/programs/agenda-2030/cities-communities.html

Kesuma, Habibah Aura, and Febi Triyanti. "Kanada dan Isu Feminisme: Awal Munculnya Gerakan Slutwalk dan Perkembangannya." Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 2.3 (2022): 255-263.

 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isu Pembangunan Canada

Komposisi dan Dinamika Kependudukan Canada