Kekuasaan Pemerintah dan Politik Canada

 



Canada merupakan monarki konstitusional, dengan pemerintahan yang berbentuk demokrasi parlementer federal. Canada memiliki bentuk negara serikat atau biasa disebut dengan federasi. Dalam sistem federasi, semua negara bagian menjadi satu membentuk sebuah kekuatan pemerintahan. Dengan begitu, masing-masing negara bagian berhak memiliki otoritats khusus atau juga bisa disebut dengan otonomi daerha. Hal tersebut juga berlaku di Canada yang mana masing-masing negara bagian diperbolehkan mengatur urusannya. Raja atau Ratu sebagai kepala negara, dan khususnya Gubernur Jenderal memimpin hanya atas nama saja serta sedikit selaki memiliki kekuasaan yang sesungguhnya, karena pemimpin negara hampir selalu bertindak sesuai dengan nasihat dari kepala pemerintahan yaitu Perdana Menteri. 
Hak istimewa sebagau kepala negara di Canada dipegang oleh seorang Gubernur Jenderal yang umumnya merupakan politikus senior atau orang Canada yang disegani. Gubernur Jenderal diangkat diangkat oleh Raja atau Ratu atas nasihat dari Perdana Menteri Camada. Gubernur Jenderal merupakan tokoh non-partisan yang memenuhi berbagai peran seremonial, antara lain menyediakan persetujuan kerajaan atas RUU yang disahkan oleh Majeris Perwakilan Rendah dan Senat, membacakan pidato dari tahta, menandatangani dokumen negara, membuka dan mengakhiri sidang parlemen secara resmi, dan membubarkan parlemen selama masa pemilihan. 
Canada memiliki tiga partai nasional utama yaitu Partai Demokrat Baru (NDP), yang merupakan partai lanjutan yang condong ke arah "kiri", Partai Liberal Canada, dan Partai Konservatif Canada yang merupakan partai yang condong ke arah "kanan". Klasifikasi kiri-kanan tersebut dapat menyesatkan dan menyebabkan kesalahpahaman, karena adanya sejumlah anggota dalam ketiga partai utama tersebut yang merupakan "golongan kiri" pada persolan sosial, dan "golongan kanan" pada persoalan ekonomi. Akibatnya ketiga partai itu dapat memiliki jumlah kursi yang kompleks dan sprektrum keputusan politik kanan-kiri. 
Peradilan Canada juga memainkan peran penting dalam mewujudkan hukum dan peraturan federal, provinsi, kota, dan memiliki kekuasaan untuk menjatuhkan hukuman yang melanggar konstusi. Seluruh hakim pada tingkat superior, berwenang dalam hal pengajuan banding, serta Mahkamah Agung Canada yang merupakan pemutus hukum yang terakhir dipilih dan ditunjuk oleh pemerintahan federal setelahh konsultasi dengan badan resmi non-pemerintahan. Kedudukan pengadilan pada tingkat terendah dnegan yurisdiksi terbatas pada suatu provinsi atau teritori, bertempat di masing-masing pemerintahan provinsi atau teritori.

Referensi:

Adiyanto. Media Indonesia: Gangguan Kesehatan Mental di Kalangan Pemuda jadi Masalah Darurat di Kanada. Diakses pada tanggal 6 Juni 2023 dari https://mediaindonesia.com/weekend/585556/gangguan-kesehatan-mental-di-kalanganpemuda-jadi-masalah-darurat-di-kanada 

Akbar, Zulfikar Kharisma, and Tri Cahyo Utomo. "Sekuritisasi Pemerintah Kanada era Justin Trudeau dalam Mengatasi Masalah Keamanan Negara akibat Pencemaran Lingkungan di Situs Penambangan Minyak Pasir di Alberta, Kanada 2015-2017." Journal of International Relations 5.1 (2019): 227-234. 

Geost Flysh. (2020). Geologinesia: Profil Negara Kanada. Diakses pada 5 Juni 2023 dari https://www.geologinesia.com/2020/01/profil-negara-kanada.html. 

Luar Negeri. HubungaN Bilateral RI -Kanada. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.kemlu.go.id/ottawa/id/pages/hubungan_bilateral/2328/etc-menu Government of Canada. 

Sustainable Development Goal 11: Sustaiable Cities and Comunities. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023 dari https://www.canada.ca/en/employment-socialdevelopment/programs/agenda-2030/cities-communities.html

Kesuma, Habibah Aura, and Febi Triyanti. "Kanada dan Isu Feminisme: Awal Munculnya Gerakan Slutwalk dan Perkembangannya." Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 2.3 (2022): 255-263. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak dan Luas Administratif Canada

Isu Pembangunan Canada

Komposisi dan Dinamika Kependudukan Canada